CAREGIVER BAGI PENYINTAS KANKER (1)

CAREGIVER (Pendamping) ..

Bagi penyintas kanker

Bagian 1

Semoga kisah ini bisa membantu banyak teman di luar sana yang sangat membutuhkan informasi tentang apapun yang membuat pembaca lebih paham tentang penanganan penyintas kanker. 

Penyintas yang pernah saya dampingi adalah suami saya sendiri, dengan riwayat terakhir, kanker Hodgkin Limfoma atau awamnya bisa disebut dengan kanker getah bening. Sebelumnya ada satu highlight post khusus yang saya cantumkan di laman instagram sejak 2017 yang berisi tentang urusan apapun terkait pendampingan suami saya dari masih awal diagnosa sampai masuk pada fase paliatif. 

Sayangnya harus saya hapus, karena banyak hal yang jadi pertimbangan untuk akhirnya lebih baik saya up di blog sendiri saja. Salah satunya mengapa tidak dicantumkan lagi di instagram adalah saya tidak punya teman dokter yang sangat dekat yang kiranya bisa membantu saya untuk menjelaskan detil mengenai kanker tersebut, dan itu akan menjadi bumerang jika ada satu hal yang missed atau kurang tepat bagi teman-teman, kemudian saya juga banyak memikirkan beban perasaan dari teman-teman yang juga pendamping, saya khawatir teman-teman ada yang muncul anxiety hingga kepanikan yang berujung dengan kepasrahan, seakan-akan semua yang kanker pasti akan 'pergi tanpa sembuh di dunia'. Padahal banyak juga para penyintas yang berhasil sembuh. 

Maka lebih baik saya simpan cerita di blog saja dan tidak akan detil menjelaskan bagaimana perasaan kami menemani suami saya kemarin. Masanya sudah tidak lagi harus bersedih-sedih, sudah harus bangkit, semangat teman-teman! Karena survive nya para penyintas adalah tentang bagaimana survivenya kita para pendamping juga. Penyintas kuat karena adanya pendamping. Dalam cerita caregiver kali ini, akan lebih banyak tentang kebutuhan para penyintas dan pendamping dari aspek administratif dan sisi psikis juga pasti walaupun sebisa mungkin saya tidak akan memunculkan banyak drama yang timbul dalam perjalanan kami sebagai pendamping dan penyintas.

Ada dua akun instagram yang ingin saya rekomendasikan untuk para caregiver dan survivor untuk bisa soan atau saling berbagi cerita adalah ...
dokter @kamilmoon yang juga seorang survivor dan beliau juga pionir dari akun instagram @pandemictalks, dan satu lagi akun instagram yang full banget menyemangati kami adalah saya sebut si survivor abadi @intankhasanah karena memiliki jenis kanker yang sama dengan suami saya kemarin. Silakan.

Teman-teman caregiver, saya hanya berbagi sebatas yang saya tahu dan pernah lakukan. Rumah sakit tempat berobat kanker hanya Rumah sakit abdul wahab sjahrani Samarinda. Jadi saya mohon maaf jika kurang membantu informasi mengenai rumah sakit lainnya yang bisa dijadikan alternatif pengobatan kanker lainnya. 

Kita mulai  cerita di bagian 2 saja yaa ...


- kartikaliss@gmail.com -

Comments

Popular Posts