NAPAK TILAS MASA KECIL ; AREA PKT

POS 7, TURSINA, PETROSEA
STILL REMEMBER?

NAPAK TILAS TAK BERKESUDAHAN ...

Selamat Ulang Tahun Pupuk Kaltim yang ke-41
Semoga terus Berjaya di Pematang hingga Lautan, Bersinergi dalam lingkaran arus kehidupan khatulistiwa dan nusantara.
Tentang Pupuk Kaltim, saya tidak begitu tau banyak megenai perusahaan raksasa khatulistiwa ini. Saya hanya tau segelintir dari sekian banyaknya sinergi yang telah dilaksanakan.

Yang saya pahami, Pupuk Kaltim sangat sukses mengayomi masyarakat sekitar dengan memanfaatkan berbagai macam program CSR tepat guna.
Pupuk Kaltim memiliki berbagai fasilitas atau sarana hiburan, edukasi, dan tempat tinggal bagi keluarga karyawan yang juga bisa dirasakan oleh keluarga non-karyawan.
Yayasan Pupuk Kaltim adalah salah satu dari sarana edukasi yang berada di lingkungan Pupuk Kaltim. Ini nih yang saya mau cerita. Agak sedih sebenarnya mau memulai ini. Agak berat kalau bahas masa lalu. Hehe. 

Alhamdulillah saya tahun ini berkesempatan untuk mengajar di unit SMP YPK, di lingkungan saya sekolah dulu dari TK sampai SMA. Beberapa minggu lalu, saya pernah sedikit napak tilas menyusuri jalan-jalan di area BTN Pupuk Kaltim yang masih satu komplek dengan unit mengajar saya. Tiba-tiba mata ini keram aja rasanya, kayak sedih banget gitu lo ngeliat plang ‘Rumah dijual’ di pagar-pagar rumah dan jaraknya saling berdekatan. 

Kayak  saling berlomba-lomba untuk dijual. Dan dari sebagian rumah yang saya susuri, banyak dari itu adalah rumah teman-teman seangkatan saya waktu di YPK. Sedih kan. Yang dulunya rumah itu sering kita lewati, singgahi sekedar ngobrol-ngobrol singkat, tempat istirahat siang sekolah atau jadi tempat bolos sekolah, lho? Hahaa, terus melihat plang ‘dijual’ itu kayak sedihnya tidak terbendung. Sampai merasa, ya ampun sesedih ini dong saya melihat begitu doang. 

Rasa sedih saya tidak seperti akan kehilangan teman untuk berpisah karena perpisahan sekolah, bukan. Ini itu kayak sedih bangetlah, kepikiran bakal ketemu lagi gak ya sama mereka-mereka ini besok-besok. Sedih aja. Silaturahminya akan lebih jauh. Kebayang-bayang dah kenangan waktu sekolah dulu sering iring-iringan bemotoran nyusurin jalan BTN kalau pulang sekolah. Rumah saya di Loktuan, tapi kalau pulang sekolah nyusurin jalan BTN atau PC dulu kadang. Hahaa.

Nah, perumahan PC juga, saya masih hapal rumah teman-teman saya waktu dulu. Dan sekarang, pemiliknya sudah berganti. Bahkan tidak ada lagi teman seangkatan saya yang rumahnya di PC, kecuali yang menikah dengan karyawan pkt juga dan tinggal di PC. Saya pernah tuh kelilingin jalan melati sampai muter ke matahari, terus naik dikit ke hebras, bougenvile, flamboyan, ke lapangan basket DW yang biasanya dipakai main basket sama anak-anak YPK atau saat pagelaran YPK Cup. Duh, kenangan saya banyak tertinggal di sana. Sedih akutuuu.

Selain BSD, BTN, dan PC, kawasan terdekat dari Pabrik PKT pun tak luput dari napak tilas saya. Bahkan gak perlu disebut napak tilas deh. Karena hampir tiap minggu akan lewatin area ini untuk sekedar menuju ATM atau rumah sakit PKT. Perumahan Tursina dan Petrosea. 

Yang pasti, semua pendatang dan bekerja di PKT, pasti pernah merasakan tinggal di dua komplek perumahan ini. Kalau sudah susurin jalan ini, kenangan saya waktu kecil itu benar-benar membekas. Jadi model perumahan di tursina dan petrosea ini seperti rumah-rumah yang ada di luar negeri, bentuknya barak, tapi  luas banget untuk ditinggali satu keluarga. Terbuat dari kayu kokoh, berbentuk panggung, banyak pohon mangga tinggi-tinggi di tiap pos rumah. Dan perumahan tursina ini ada satu barak juga dulunya dipakai sebagai mess para pemain bola PKT. Suasananya sejuk, akses kami kalau mau berangkat sekolah tinggal berdiri nungguin bis depan gerbang tursina. 

Dulunya juga ada satu masjid kecil di seberang perumahan tursina, Mesjid AL-Ibadah. Dulu saya ngaji di sana tuh sama teman-teman yang juga tinggal di Loktuan. Ketika ada perluasan, masjid itu duluan yang diratakan sama tanah. Sedih saya lihatnya. Tidak lama, beberapa bulan kemudian, saya lupa tahun berapa, rumah-rumah di Tursina sudah rata sama tanah. Yang tersisa Cuma kamar mandi umum sama dua tangki air kembar yang tidak lagi berfungsi. 

Dan satu yang paling diingat orang-orang pasti, PAKLEK RUJAK yang sering jualan di gerbang Tursina. Dulu kalau pulang sekolah suka minta belikan rujak paklek itu saking enaknya. Dan dulu juga penjual rujak jarang banget. Jadi kalau lewat situ lagi, mata saya suka keram, maklum anaknya agak cengeng emang. Tapi sedih lho beneran. Btw, paklek rujak sekarang gak jualan rujak, jadi jualan sate depan pasar citra mas loktuan, eh satenya juga laris manis.
Sekarang komplek tursina sudah tidak lagi ditumbuhi rimbunan pohon, tetapi pabrik samator gas, dan dari kejauhan terlihat perumahan temputu, entah bakal pabrik apa lagi yang akan tumbuh di area itu. 

Perumahan petrosea, saya tinggal di sana itu waktu kelas 5 SD sampai 2 SMP kalau tidak salah. Perumahan di situ agak kecil, tapi bisa di jebol dua kamar menyamping dan ke belakang untuk lebih luas didiami satu keluarga. Full ac juga tuh disitu, AC nya masih AC tabung, yang kalau dingin banget, muncul saljunya, terus suka dipanjatin sama adik saya buat dimainin lempar-lemparan. Perumahan ini karena lokasinya sangat “menyatu dengan alam”, jadi kadang siang terik itu muncullah biawak beberapa ekor dari seberang barak rumah kami. Kebetulan rumah saya waktu itu di gang kedua deket tanjakan tembusan rumah sakit pkt. Dan rumah saya seberangan langsung dengan hutan, kanannya ada rawa  dan hutan lebat. Bulan lalu saya ke sana tuh napak tilas, ternyata barak rumah saya sudah hancur, sudah rata sama tanah dan hutannya makin maju. Makin sedih saya. 

Di area perumahan petrosea itu ada lapangan tenis dan basket. Kalau sudah sore suka ramai dah kita-kita nontonin orang-orang main tennis, basket,atau sekedar jogging dan sepedaan muterin tapak demi tapak barak di area itu. Ah rindu saya. Alhamdulillah sampai sekarang kalau ketemu tetangga-tetangga yang pernah sama-sama tinggal di tursina atau petrosea itu kayak rasa kekeluargaannya berasa banget, masih ramah-ramah, dan beberapa ada yang sudah pensiun balik kampung halaman. 

Sesedih itulah perasaan saya ketika mencoba napak tilas melalui area-area yang pernah saya tinggali. Jaman sudah berganti, yang belum merasakan akhirnya berkesempatan merasakan segala fasilitas yang ada, yang sudah pernah merasakan pun akhirnya harus puas dengan segala kenangan yang pernah dilalui. 

Semoga Pupuk Kaltim tidak tamak dalam mengolah laba mendiami alam. Sadar akan generasi yang akan datang, dan terus aktif dalam menjaga konsistensi alam dan manusia di khatulistiwa ini. 

Tulisan ini saya persembahkan untuk teman-teman seangkatan saya di YPK 1994-2009 yang suka saya kangenin. Semoga kalian selalu sehat dan begitu balik ke Bontang lagi kalian bisa terkejut takjub melihat kota Bontang sudah mengalami kemajuan pesat. Salam untuk keluarga dan orang tua kalian. Semoga panjang umur dan selalu sehat. Amiinn.


-EK-

Comments

Popular Posts