Bina Ekskul


KERBIZ LNG TV





Hampir satu tahun mengajar di SMA Vidatra, dapat tugas baru dari Pak Inu dan Pak Tanjung. Ya ini dia, membina remaja-remaja kesayangan untuk aktif dalam kegiatan KERBIZ di LNG TV. Program yang sudah tidak asing dan jaman saya dulu cukup banyak peminatnya. 

Sedikit sejarah KERBIZ yang saya tau, program audiovisual yang berevolusi dari salah satu radio remaja amatir pada jaman saya SMP dulu, 99.9 FM BMS yang beralamat di Jalan Seram HOP 5 PT. Badak. Salah satu penggagasnya pun merupakan karyawan PT. Badak sekaligus Anchor di program Berita stasiun tv tersebut dan juga yang memiliki stasiun radio BMS yang isinya dulu adalah penyiar-penyiar remaja sekolah dari SMP hingga SMA yang ada di Kota Bontang. Saya pernah bergabung pada tahun 2005 hingga 2007. Itupun partner siarannya banyak dari siswa SMA Vidatra juga, bahkan pendengarnya pun banyak dari temen-temen SMA Vidatra. Maklum karena masih dalam satu kawasan PT. Badak. Ingat banget waktu itu yang menjadi penyiar di program KERBIZ pertama kali adalah Kak Arina Hidayah, Mas Bagus dan satu lagi saya lupa. Dan akhirnya program KERBIZ memiliki banyak penonton dan sampai sekarang masih terus dilanjutkan oleh generasi adik-adik kelas mereka, bahkan sudah masuk menjadi program ekstrakurikuler anak-anak murid saya yang tertarik dalam bidang Jurnalistik dan Enterpreneur.

Beberapa bulan lalu sempat hadir melihat siaran langsung anak-anak yang hanya diberi waktu oleh LNG tv selama 30 menit on-air . Cukup singkat tapi pasti sudah sangat bermanfaar bagi anak-anak saya. 

Beberapa keluhan mulai bermunculan saat siaran berakhir dan kami berkumpul membentuk lingkaran besar untuk saling sharing. Keterbatasan kami adalah ketika harus  on-air sebulan dua kali, karena LNG tv bukanlah hak sekolah maka kadang sebulan bisa hanya sekali on air. Padahal melihat antusias anak-anak sudah sangat luar biasa dalam menyiapkan segala sesuatunya. Tapi apa mau dikata, kami memang hanya memiliki pasukan-pasukan yang penuh percaya diri dengan segala kreatifitasnya yang terhalang oleh kondisi. 

Seminggu sebelum memasuki wilayah ulangan akhir semester satu, beberapa anak saya sudah menyiapkan materi dan pilihan tema  apa saja untuk bisa ditampilkan pada dua bulan pertama selama 2016 yang akan datang. Banyak optimis saya kumpulkan dalam Satu visi saya bagi anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ekskul ini adalah mereka mampu dan lebih percaya diri untuk tampil di depan umum dan menguasai kemampuan berbahasa atau menyusun kalimat dengan sangat baik dan tertata. Sehingga nantinya pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka nantinya dalam dunia perkuliahan dan kerja. 




SEMANGAT KITA !!!

Comments

Popular Posts