Friday, April 8, 2016

Hello 18th Week

Bismillahi ...




Alhamdulillahi sampai juga di trimester dua perut offside.
Jangan tanya jenis kelaminnya sudah tau apa belum
Sengaja belum mau USG lagi supaya lebih dalam numpuk penasarannya
Lagipula, agak mikir kalau mau rutin USG tiap bulan, selain Bpjs yang kupunya ini tetap harus cash on payment di klinik dan rumah sakit, kata temen lain yang sudah berpengalaman, janin kurang baik jika rutin terpapar radiasi dari alat USG. Oke, saran kuikuti dengan istiqomah dan pastinya sangat memaksa. Yaiya, gimana coba rasanya tahan-tahan mau ngeliat anak sendiri dalam perut? Penasaran banget loo

Kalau kata beliau-beliau, trimester kedua ini waktunya fokus mengkarbokan perut. Trimester awal dan trimester akhir konsumsi protein harus lebih banyak dari sebelumnya. Sedangkan trimester kedua ini harus fokus di karbohidrat tapi tidak juga melupkaan pentingnya protein. Bener aja, selama masuk di trimester dua ini, laparnya suka minta nasi. Mintanya yang berat-berat. Konsumsi roti pun semakin sering. Tapi tetapi lebih memilih roti gandum daripada roti halus yang lain. Konsumsi sereal, jagung rebus, kentang goreng sampai pisang semakin nagih. Berat badan pun naiknya konsisten. Memang gak begitu kelihatan di lengan. Tapi pipi, bokong, dada, benar-benar ikut offside sekarang.

Padahal kemarin sempat hampir putus asa karena sempat flek dan gak bisa cium aroma ikan. Padahal trimester awal itu penting sekali konsumsi ikan. Sampai sekarang pun masih belum bisa cium aroma-aroma yang sempat bikin mabuk di trimester awal. Alhamdulillah ikan sudah bisa masuk di perut walaupun harus hasil dari olahan mama atau mertua. Masih jijik gerayangi ikan. Alhamdulillah pun muntah sudah gak pernah. Asal gak cium aroma aneh aja sih ya gak akan mual dan muntah. Aman. 

Selain pinggul dan tulang bokong yang suka ngilu, nafas sudah mulai sengal. Tiap mau baring, selalu hadap kanan dulu baru pelan-pelan hadap kiri lagi. Sekali telentang, wow itu rasanya kayak patah tulang belakang, jangan pernah coba telentang kalau lagi hamil. Sakit. Sakit banget. Apalagi kalau dari baring mendadak langsung duduk. Itu naik ke kepala, nyut nyut nyut. Bahkan buang air kecil pun sekarang sudah terasa seperti anyeng-anyengan. Jadi antisipasinya jongkok sambil jinjit dan gak tegang. Rileks braaayyy. Maklum kehamilan pertama, jadi terlalu banyak bagian badan yang sakit tiap begini dan begitu.

Jangan tanya juga frekuensi tidur dan ngantuk. Kerjaan kayak tupai, makan tidur bangun makan tidur nguap nguap nguap lapar makan tidur main hape. Hahaa.. Ternyata itu normal. Yang gak normal kalau sama sekali gak berasa ngantuk dan lapar. Bahkan rasanya kepengen cuti kerja secepatnya. Tapi janganlah. usaha banget supaya gak drop dengan konsumsi CDR sama vitamin lainnya dari dokter. Oiya, sampai masuk di lima bulan ini, buha ternyata vitamin alami yang bener-bener ampuh bikin badan seger. Akupun gak ada pantangan makan apapun ya. Seafood hajar aja, kecuali memang ikan bakar, harus hati-hati karena harus dibakar di atas arang atau sabut kelapa. Durian?? Wah saya sering konsumsi paling tidak dua kali seminggu. Secara bapak sering beli duren tiap akhir minggu. Tapi cuma bisa konsumsi dua biji. Lebihnya ya gak berani, takut mabok, takut anakku di perut juga ngamuk. hehee...


SEHAT TERUS KITA!

No comments:

Post a Comment