Saturday, May 30, 2015

Propose Going Steady

BETROTHAL ...

Bismillahi, semoga tidak ada kesalahan cerita ya ...

Alhamdulillah...
Jumat, 22 Mei 2015 selangkah lebih dekat menuju pelaminan.
Acara lamaran sekaligus melakukan adat "Panai" khas suku Bugis terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan apapun. 

Adat "Panai" dalam suku Bugis merupakan persyaratan yang sudah turun-temurun dilaksanakan saat lamaran atau sebelum mengikat calon mempelai wanita menuju pernikahan. Panai biasa disebut dengan "Jujuran" atau nominal materi yang ditentukan oleh kedua keluarga pria dan wanita untuk modal melaksanakan sebuah acara pernikahan.

Mohon maaf untuk tidak bisa menjelaskan secara rinci bagaimana adat Panai tsb, karena saya pun tidak terlalu mengetahui bagaimana detil pelakasanaan adat tersebut.


...


Lamaran yang dilaksanakan Jumat lalu tidak memberikan simbol apapun berupa cincin, gelang, kalung atau perhiasan lainnya sebagai pengikat dan penanda wanita serta pria bahwa kedua pasangan ini tidak boleh lagi ada yang melamar karena sudah terlebih dulu dilamar oleh perwakilan keluarga pria. Penandanya hanya ada pada nominal Jujuran yang disanggupi oleh pria dan disetujui oleh pihak keluarga wanita, karena pada dasarnya Islam tidak menyarankan untuk memberikan perhiasan baik berupa cincin  sebagai penanda atau pengikat wanita padahal belum prosesi Akad nikah.


Akhirnya bisa sampai pada tahap lamaran dan penentuan tanggal pernikahan. Tidak ada bayangan sama sekali kalau pertengahan tahun ini insha Allah akan melangsungkan pernikahan, malah bakal yakin terlaksana tahun depan. Alhamdulillah rejeki dari Allah memang tidak ada yang duga.


Sangat bersyukur lagi ketika Sofyan menyatakan kesanggupan untuk memberikan syarat "panai" merupakan hasil dari kerja kerasnya selama enam tahun bekerja tanpa ingin dibantu oleh kedua orang tuanya. Bener-bener bersyukur bisa awet sampai sekarang bareng pria yang penuh dengan tanggung jawab, semoga terus istiqomah sampai kelak kita resmi berkeluarga. 


Agustus 2015 Insha Allah akan menjadi bulan yang penuh berkah bagi keluarga kami, insha Allah segala sesuatunya dilancarkan oleh Allah SWT. Amiiinnn...

No comments:

Post a Comment