Monday, January 26, 2015

Just welcome...

Bismillahi...

Bontang, 26 Januari 2015


Akhirnya, sempat juga luangin waktu ngisi blog. Punya akun blog sudah agak lama tapi belum pernah di apa-apain. Maklum, blog tertutupi dengan media sosial lain yang lebih ramai. Waktu juga kurang banyak kalau mau dipakai buat nge-blog.


Lulus kuliah bulan September 2013, Alhamdulillah gak mesti nunggu lama untuk dapat kerja. Tanggal 30 September 2013 tepatnya dua hari setelah saya Wisuda di UNIVERSITAS MULAWARMAN Samarinda, lamaran saya diterima oleh Lembaga Pendidikan Ganesha Operation sebagai Pengajar Bahasa Indonesia khusus SD. 


Latar belakang saya murni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, walaupun bukan lulusan PGSD tetap harus siap ditempatkan di jenjang SD, SMP, Maupun SMA. Ditempatkan untuk jenjang SD ya kaget, karena memang GO unit Bontang belum punya pengajar Bahasa Indonesia yang menetap di Bontang. Sejak dibukanya GO di Bontang, beberapa pengajar memang banyak yang didatangkan dari GO cabang Samarinda, karena GO Bontang masih satu Cabang dengan Samarinda. 


Semakin lama semakin betah mengajar anak-anak SD yang tingkahnya memang sulit diatur. Terutama untuk siswa kelas 3 dan 4 SD, harus ekstra pengawasannya. Sampai akhirnya, saya dapat tawaran menjadi Staf Akademik khusus GO Bontang untuk membantu pekerjaan Unit dalam hal laporan kesiswaan dan administrasi lainya. 


ini dia mbak Putri (PT)


24 Januari 2014 saya bersama dengan Mbak Putri Ambarwita (PT) pengajar Matematika yang juga seangkatan di kampus yang sama, resmi merangkap jabatan pengajar dan Staf akademik. Tugas utama kami tetap mengajar walaupun kami harus standby dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore karena memang sudah peraturan kontrak seperti itu. Selain mengajar tugas kami yang lainnya adalah menyelesaikan setiap laporan yang harus dikirim ke Bandung melalui e-mail setiap akhir minggu. 


Pekerjaan rangkap yang saya jalani memang kadang menyusahkan dan sangat terbebani. Jenuh sering datang, tapi mau bagaimana lagi namanya juga tanggung jawab ya wajib dilaksanakan. Tugas saya di 6 bulan pertama adalah mengurus hal yang berkaitan denga kesiswaan. Mulai dari siswa yang bermasalah, keperluan buku-buku siswa, dan nilai siswa yang kurang memuaskan. Pada 6 bulan selanjutnya saya bertukar job desk dengan Mbak Putri. Saya ditugaskan untuk mengurus hal yang berkaitan dengan pengajar. Mulai dari penghitungan honor pengajar, membuat jadwal pengajar setiap minggunya, keperluan pengajar, serta memberikan sanksi kepada pengajar yang kurang disiplin. 



November  2014, saya mulai mengatur strategi untuk  resolusi saya  tahun 2015. Terbersit pikiran untuk melepas status kontrak staf akademik saya dari Ganesha Operation menjadi status freelance agar tidak memiliki wajib kerja 8 jam dan harus standby dari jam 10 Pagi. Di GO apabila statusnya sudah kontrak staf akademik berarti tidak boleh bekerja di tempat lain secara bersamaan. Selama sebulan saya berusaha mencari informasi dan menitipkan beberpala berkas lamaran melalui teman-teman di sekolah-sekolah yang sedang mencari tenaga pengajar Bahasa Indonesia. Hingga Desember hasilnya pun nihil. 

Bersama Pak Charles Ricardo (KACAB GO Smd-Btg)

Desember 2014, GO mengadakan rapat evaluasi menyambut semester genap 2014/2015 bersama seluruh pengajar SD SMP SMA khusus GO. Rasa ingin melepas status kontrak di GO akhirnya perlahan hilang, mulai lupa kalau pernah berpikiran seperti itu. Saya jalani, tetap lakukan usaha yang terbaik demi diri sendiri dan tempat kerja saya. 


@eliskartikaa

2 comments:

  1. Salam kenal kakak
    Sya jga pengajar bahasa indonesia SD di GO Pinrang, Sul-Sel

    ReplyDelete