Wednesday, January 28, 2015

Drama Discussion

Selamat pagi Kamis batik...

Kamis cuma dapat jadwal satu pertemuan di kelas XI IPS 2
Minggu ini masih ada beberapa kelas yang belum membahas materi drama karena tiga hari kemarin siswa kelas XI diliburkan untuk jadwal pagi.

Tapi masih bisa diatasi. Anak-anak juga mudah diajak berkoordinasi.
Cuma ya kalau lagi ricuh ya bakal ramai kayak orasi demo BBM naik. 
Kalau saja bisa obor dilemparkan ke saya juga sekalian mereka yang makan beling kayak atraksi kuda lumping gara-gara ribut.

Banyak bersyukur karena anak-anak sangat antusias menyiapkan praktek drama mereka. Apalagi kalau tahu setelah drama bakal ada materi Film Pendek yang progress-nya akan saya lanjutkan ke Festival Film Pendek Kota Bontang bulan Juni/Juli nanti, mereka luar biasa antusiasnya.

Seminggu ini baru kelas XI IPS 3 saja yang sudah sedikit rampung persiapan dramanya. Termasuk naskah drama yang sudah kita pelajari bersama. Sebelum memulai praktek drama sebaiknya memang harus mempelajari naskah termasuk cara mendalami dan membaca teks drama. 

Dari dialog drama yang akan dipentaskan, nantinya bisa dilatih bagaimana nada, intonasi, dan lafal saat membaca teks drama. Tugas utama yang paling berperan setelah pemain adalah Narator. Narator selain bertugas untuk mengenalkan kepada penonton mengenai prolog cerita, mereka juga bertugas untuk mengingatkan kepada para pemain apabila lupa dialog di beberapa adegan. 

Narator harus bekerjasama yang baik dengan para pemain. Narator juga wajib bersuara lantang dan cerdas dalam membaca naskah pengantar. Narator yang membawakan cerita dengan nada datar juga tidak baik bahkan terkesan tidak menarik nantinya bagi penonton. 

Selain narator, ada juga beberapa koordinator yang bertugas untuk menangani beberapa keperluan pemain saat pentas. Siswa saya bagi berdasarkan koordinator untuk ikut bertanggung jawab pada kelancaran drama. Masing-masing koordinator juga akan mendapatkan nilai dari kerja keras mereka. Pemain tidak akan tampil maksimal tanpa adanya beberapa tim atau koordinator yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan penampilan mereka nantinya. Beberapa koordinator tersebut saya bagi menjadi :
  1. Koordinator Kostum
  2. Koordinator Make-up
  3. Koordinator Panggung
  4. Koordinator Perlengkapan
  5. Narator
  6. Pemain
Pembagian siswa berdasarkan beberapa koordinator saya tentukan sesuai minat mereka maunya bergabung di koordinator mana. Siswa yang bergabung dalam masing-masing koordinator tetap mendapatkan nilai walaupun tidak bergabung dalam kelompok pemain.

Tujuan saya membagi mereka dalam tiap koordinator agar mereka terlatih bekerja sama, salah satunya untuk tugas drama. Mereka juga pasti akan lebih bebas berekspresi atau menyalurkan ide kreatif mereka dalam satu kelas. Harapan saya adalah mereka yang tadinya pasif di kelas atau dalam kelompok, nantinya akan terbuka pemikirannya untuk belajar lebih berani dalam menyampaikan ide dan belajar berbicara depan teman-teman sekelasnya. 

Bagaimana pun nantinya mereka dituntut lebih mandiri selepas SMA. Apa yang mereka harapkan apabila di SMA tidak begitu aktif dalam sebuah kegiatan yang melibatkan kerjasama teman-teman sekelas. Siswa akan merugi apabila selama sekolah mereka cenderung pasif di sekitar teman-temannya. Akibatnya ya akan merasa tidak percaya diri dan tidak akan maju dalam bertindak positif.

Banyak harapan yang saya gantungkan kepada siswa-siswa kelas XI IPA dan IPS. Semoga saja mereka terus belajar dan lebih aktif dalam interaksi antar teman di sekolah. 



Salam Pemuda Indonesiaaaaa....






No comments:

Post a Comment