Wednesday, January 28, 2015

Adaptation Days

Minggu ke-3 saya adaptasi di SMA Vidatra, Alhamdulillah belum ada hambatan besar yang mengganggu. Semuanya masih bisa ditangani. Wqalaupun di awal saya mulai mengajar di sana sempat jadi bahan bully-an anak-anak karena mereka tau saya lama sekolah di YPK (Yayasan Pupuk Kaltim). 

Seperti tadi siang selesai saya mengajar di kelas XI IPS 3, ada saja yang iseng simpan plakat ini di meja. Entah maksudnya apa yang jelas ini bikin saya tertawa keras tepuk jidat hahaa..


Jadi, 2012 itu tim putri SMA Vidatra berhasil juara 1 di Pertandingan YPK Cup cabang Basket. Nah, plakatnya padahal terakhir saya lihat ada di lemari deretan piala-piala. Begitu selesai ngajar kok ya ada di meja saya. Bener-bener anak-anak ini sengaja yaa. Mentang-mentang gurunya ini lama seklah di YPK jadi plakat yang ada logo YPK juga disimpan di meja saya. Hahahaa...

Bontang pun sudah tahu dari jaman dahulu YPK dan YPVDP (Vidatra) jarang mau welcome satu sama lain. Tapi secara personal mereka pasti sangat welcome satu sama lain. Bercandanya juga gak sampai larut. Yaa sekedar selingan aja kok.

Minggu ke-3 ini materi yang saya ajarkan masuk di "DRAMA"
Antusias siswa dengan materi Drama sangat luar biasa. Semangatnya sangat terlihat mereka bakal serius masuk dalam materi ini, apalagi bakal ada tes praktek drama 20 Februari nanti.

Malam ini sebenarnya niat saya baiiik sekali untuk chat Line sama anak-anak kelas XI IPA & IPS untuk merundingkan kapan pastinya mereka setuju untuk bisa tampil bersama pengambilan nilai praktek drama. Sedikit rusuh karena saya juga ngotot maunya tanggal 13 Februari pengambilan nilainya, tapi anak-anak maunya tanggal 20 Februari. 

Alasan saya kenapa 13 Februari, karena akan ada materi FILM PENDEK yang insha Allah kita kerjakan sebagai proyek besar untuk Vidatra angkatan 35 selama satu bulan. Apalagi, Juni atau Juli nanti bakal ada Festival Film Pendek yang diadakan oleh Komunitas Film di Bontang. Target saya ya, Vidatra 35 bisa menjadi salah satu finalis yang masuk nominasi di acara bergengsi tersebut di 2015 ini. Setidaknya itu bisa juga jadi tolak ukur saya sebagai pembimbing mereka walaupun status saya masih sebagai Guru Honorer Bahasa Indonesia di Vidatra.

Sayangnya, keberuntungan ada di tangan anak-anak, saya sepakat pengambilan nilai drama dilaksanakan pada 20 Februari karena banyak alasan, seperti :
  1. Banyak siswa kelas XI yang akan sibuk dalam kepanitiaan GASTRA (Perayaan HUT Vidatra)
  2. Beberapa siswa kelas XI ada yang masih mengikuti pelatihan OSN (Olimpiade Sains Nasional) hingga 11 Februari nanti.
  3. Bebeapa siswa ada yang sibuk berlatih untuk pertandingan YPK CUP 
  4. Banyak tugas dari guru lainnya.

Jadi ya begitu saya bilang "Oke, 20 Februari kita ambil nilai drama", Yaa pada riang ribut ricuh kesenangan mereka mah. Garuk kepala aja sih saya mak. 

Besar harapan saya di pengambilan nilai drama mereka nantinya akan bener-bener matang, sudah mantap dan bisa mendapatkan hasil yang sempurna berkat kerja sama mereka juga. 

Harapan terbesar saya juga mereka bisa saling koordinasi berkaitan Proyek Film Pendek setelah materi drama ini nantinya. Untuk proyek Film Pendek nantinya saya bekerja sama dengan teman saya Emi yang di ulasan sebelumnya saya menceritakan bahwa beliaulah yang mengarahkan saya untuk mencoba memasukkan lamaran ke SMA Vidatra. Emi juga bukan orang lama bagi saya. 

Saya percayakan segala tentang seni kepada beliau. Insha Allah pasti bisa membantu saya belajar seni drama dan film pendek, apalagi Emi juga mengajar di SMP Vidatra. Jadi mungkin lebih mudah  untuk kami saling berkolaborasi. Yaa setidaknya saya juga bisa belajar dari Emi. 


Selamat Tengah Malam...





No comments:

Post a Comment